Hubungan antara Minat Belajar dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Sibghotullah Akbar Tirta Adiguna

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara minat belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar pendidikan agama islam. Metode penelitian ini menggunakan metode survey atau memberikan kuesioner kepada orang siswa kemudian dijabarkan dalam bentuk desktiptif, sampel yang digunakan dipilih adalah sampel purposive random sampling (sampel acak) dimana pengambilan sampelnya secara acak dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 90 responden, metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan. Lokasi yang dilakukan dalam penelitian ini di SMPN 34 Jakarta. Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan dengan hasil belajar, hal ini di tandai dengan secara simultan terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Thitung 35,119 > Ttabel 0,205. selanjutnya dimensi-dimensi bagi variabel Minat belajar memiliki pengaruh signifikan dengan Hasil belajar siswa sebesar Fhitung  42,407 > Ftabel 1,69. Pada variabel Disiplin belajar pun menunjukkan bahwa disiplin belajar memiliki pengaruh signifikan dengan hasil belajar sebesar Fhitung 57,551 < Ftabel 1,66.

Downloads

Published

2023-06-12 — Updated on 2023-06-12

Versions

How to Cite

Tirta Adiguna, S. A. . (2023). Hubungan antara Minat Belajar dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. Al Ghurabaa : Journal of Science Education, 1(2), 21–35. Retrieved from https://ejournal.iaialghurabaa.ac.id/index.php/JAIA/article/view/18

Issue

Section

Jurnal Agama Islam Al Ghuraba